Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik di SMA Negeri 1 Darul Imarah

Oka Arianti, 160213053 (2022) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik di SMA  Negeri 1 Darul Imarah] Text (Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik di SMA Negeri 1 Darul Imarah)
Oka Arianti, 160213053, FTK, BK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan antara dua orang atau lebih individu, yang dapat mengubah dan mempengaruhi individu lain atau sebaliknya. Apabila interaksi sosial rendah maka akan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Di sekolah, terdapat peserta didik kurang mampu dalam berinteraksi dengan baik, peserta didik kurang dapat berkomunikasi dengan sesama, peserta didik tidak memperhatikan saat teman sedang berbicara dengannya, peserta didik tidak dapat menerima perbedaan pendapat, peserta didik tidak dapat bekerja sama di dalam kelompok, peserta didik acuh tak acuh dan tidak peduli terhadap teman yang kesusahan dan siswa tidak saling memberi dukungan khususnya di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen yang berbentuk desain (one group pretest-posttest) yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala likert dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji t, dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitiannya menunjukkan bahwa adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan interaksi sosial pada peserta didik di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan interaksi sosial yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan treatment sehingga teknik diskusi kelompok dikatakan mampu dalam peningkatan interaksi sosial di SMA Negeri 1 Darul Imarah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Oka Arianti Oka
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:53
Last Modified: 14 Mar 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27506

Actions (login required)

View Item
View Item