Penggunaan Kitab Fathu Al-Mu’in Dengan Metode Munaqasyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Arab

Hasvi Harizi, 190202053 (2023) Penggunaan Kitab Fathu Al-Mu’in Dengan Metode Munaqasyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Kitab Fathu Al-Mu’in Dengan Metode  Munaqasyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Arab] Text (Penggunaan Kitab Fathu Al-Mu’in Dengan Metode Munaqasyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Arab)
Hasvi Harizi, 190202053, FTK, PBA, 082350804775 siap.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal pada kelas XI IPA2 tingkat ‘Aliyah di Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh, peneliti menemukan bahwasanya kebanyakan siswa sudah memahami qawa’ed bahasa arab tapi belum mampu menerapkannya, mampu menghafal banyak mufradat tapi masih kesulitan dalam memahami teks arab, dan siswa mulai bosan dengan aktivitas pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengatasi masalah tersebut melalui penggunaan Kitab Fathu al-Mu’in dengan metode munaqasyah untuk meningkatkan maharah qiraah. Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran maharah qiraah terhadap penggunaan kitab fathu al-Mu’in dengan metode munaqasyah, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kitab Fathu al-Mu’in untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah qiraah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test design. Adapun alat dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kitab Fathu al-Mu’in dalam meningkat kemampuan membaca sangat baik. Terbukti dari hasil pengamatan langsung (observasi) terhadap kegiatan guru sebesar 91,67% dan kegiatan siswa sebesar 86,67%. keduanya berkisar antara 80– 100% dengan kategori sangat baik. Penggunaan Kitab Fathu al-Mu’in dengan metode munaqasyah sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah qiraah, dengan hasil pre-test dan post-test adalah dengan tingkat signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hasvi Harizi
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:56
Last Modified: 14 Mar 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27508

Actions (login required)

View Item
View Item