Efektivitas Pembelajaran Mufradat Dengan Menggunakan Film Kartun

Ahmad Raudhi, 170202130 (2023) Efektivitas Pembelajaran Mufradat Dengan Menggunakan Film Kartun. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Mufradat Dengan Menggunakan Film Kartun] Text (Efektivitas Pembelajaran Mufradat Dengan Menggunakan Film Kartun)
Ahmad Raudhi, 170202130, FTK, PBA, 082267688070.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di MIN 34 Pidie, Peneliti melihat bahwa guru di sekolah tersebut tidak bisa mendapatkan perhatian para murid dan tidak bisa membuat siswa terkesan selama proses pembelajaran. Selain itu guru juga tidak menerapkan metode dan media pembelajaran yang menarik, sehingga murid kurang bersemangat dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan film kartun transportasi untuk meningkatkan kemampuan murid dalam menghafal dan memaknai kosa kata bahasa Arab. dan untuk mengidentifikasi respon para murid terhadap penerapan film kartun dalam pembelajaran mufradat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pre eksperimen dengan desain one group pre-test post-test, dan untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes (pretes dan postes) dan angket. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif. Dan sebagai sampel dalam penelitian, peneliti memilih kelas 2 yang berjumlah 25 orang murid. Peneliti menggunakan nilai persentase dan nilai rata-rata untuk menganalisa data respon siswa dan menganalisa uji T untuk memperoleh nilai efektivitas. Hasil uji T menunjukkan bahwa penerapan film kartun untuk pembelajaran mufradat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mufradat dan hasil angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan film kartun dalam pembelajaran mufradat berada pada tingkatan tinggi. Dengan demikian, pembelajaran mufradat dengan menggunakan film kartun dapat di sebut efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ahmad Raudhi
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:08
Last Modified: 14 Mar 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27509

Actions (login required)

View Item
View Item