Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA

Ameli Anggun Hanafi, 180205107 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pengembangan video pembelajaran matematika] Text (Membahas tentang pengembangan video pembelajaran matematika)
Ameli Anggun Hanafi, 180205107, FTK, PMA, 085272056262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang berpengaruh pada pendidikan mengakibatkan berubahnya pola pembelajaran. Perubahan pola pembelajaran ini mengakibatkan guru harus mempersiapkan pembelajaran yang tepat dan dapat mendukung setiap kemampuan matematis peserta didik. Salah satu caranya adalah memilih model pembelajaran yang tepat. Namun masih terdepat beberapa masalah dalam penerapan model pembelajaran tersebut, hal ini diakibatkan oleh masih kurangnya sumber dan contoh praktik dari model pembelajaran tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk permasalahan tersebut adalah dengan membuat suatu video pembelajaran yang memuat langkah-langkah dari suatu model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembangan video pembelajaran berbasis Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode research and development (R&D) model pengembangan 4D (four-D) Thiagarajan. Tahapan meliputi pendefenisisan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Berdasarkan penilaian dari para ahli dan uji coba lapangan menyatakan bahwa vdeo pembelajaran ini valid dan sangat praktis, dengan rincian sebagai berikut. (1) dari ahli perangkat pembelajaran dan ahli media memberikan skor rata-rata 83,3% dan 86,25% yang termasuk dalam kategori valid. (2) dari uji coba skala kecil yang dilakukan tiga responden memperoleh skor rata-rata 81,5% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ameli Anggun Hanafi Anggun
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:14
Last Modified: 15 Mar 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27517

Actions (login required)

View Item
View Item