Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya

Aina Ulfah Syahputra, 160213049 (2023) Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya] Text (Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya)
Aina Ulfah Syahputra, 160213049, FTK, BK, 081360848788.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan mengkonsumsi barang tidak berdasarkan kebutuhan tetapi untuk keinginan dan kepuasan semata. Salah satu permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya menunjukkan siswa terpengaruh terhadap teman sebaya yang membeli barang bermacam-macam merk untuk menujukkan agar tidak kalah dari temannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap perilaku konsumtif, faktor-faktor yang menyebabkan siswa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya berperilaku konsumtif dan upaya Guru BK terhadap perilaku konsumtif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian siswa kelas X IIS 1 dengan objek yang diteliti sejumlah 8 siswa. Teknik pengambilan menggunakan Systematic Random Sampling. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu gambaran perilaku konsumtif pada siswa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya merujuk pada siswa sering berbelanja secara terus menerus, memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap suatu barang, ketidakmampuan menyeleksi barang yang dibutuhkan, belanja berlebihan. Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku konsumtif pada siswa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya yakni gaya hidup, iklan, idola.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Aina Ulfah Syahputra
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:28
Last Modified: 15 Mar 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27529

Actions (login required)

View Item
View Item