Pola Komunikasi Kementerian Agama Provinsi Aceh Dalam Menyosialisasikan Program Moderasi Beragama Di Aceh

Akmal Maulizar, 170401069 (2022) Pola Komunikasi Kementerian Agama Provinsi Aceh Dalam Menyosialisasikan Program Moderasi Beragama Di Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Komunikasi Kementerian Agama Provinsi Aceh Dalam Menyosialisasikan Program Moderasi Beragama Di Aceh] Text (Pola Komunikasi Kementerian Agama Provinsi Aceh Dalam Menyosialisasikan Program Moderasi Beragama Di Aceh)
Akmal Maulizar, 170401069, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Moderasi beragama adalah sikap tengah dalam memahami dan menjelaskan ajaran agama. Moderasi dipahami sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama. Adanya pola komunikasi dalam menyosialisasikan moderasi beragama berfungsi sebagai percepatan pemahaman dalam pelaksanaan dan penguatan moderasi beragama di Aceh. Maka penting untuk mengetahui apa yang menjadi pola komunikasi dalam penanaman nilai-nilai islam moderat di Aceh. Adapun permasalahan pada Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah dari pola komunikasi yang diterapkan, salah satunya yaitu dari segi strategi sosialisasi, dimana masih banyak sosialisasi belum maksimal diterima oleh khalayak, dan masyarakat pun masih banyak yang sulit memahami pentingnya moderasi beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi dan juga hambatan yang dialami oleh Kementerian Agama Provinsi Aceh dalam menyosialisasikan moderasi beragama di Aceh. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu, pola komunikasi yang digunakan oleh Kementerian Agama Provinsi Aceh masih memiliki hambatan dari sosialisasi di media social, dan penyebaran informasi secara langsung. Hambatan yang dialami oleh Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah, masyarakat belum bisa memahami tujuan dan konsep moderasi beragama yang di sosialisasikan oleh Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Akmal Maulizar Akmal
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:36
Last Modified: 15 Mar 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27530

Actions (login required)

View Item
View Item