Strategi Sukses Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial di Perpustakaan Kabupaten Nagan Raya (Penelitian di Perpustakaan Desa Blang Sapek)

Juliadi, 190503334 (2022) Strategi Sukses Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial di Perpustakaan Kabupaten Nagan Raya (Penelitian di Perpustakaan Desa Blang Sapek). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Sukses Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial di Perpustakaan Kabupaten Nagan Raya (Penelitian di Perpustakaan Desa Blang Sapek)] Text (Strategi Sukses Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial di Perpustakaan Kabupaten Nagan Raya (Penelitian di Perpustakaan Desa Blang Sapek))
Juliadi, 190503334, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Sukses Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial di Kabupaten Nagan Raya (Penelitian di Perpustakaan Desa Blang Sapek).” Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu strategi apa yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan Desa Blang Sapek dalam menjalankan perpustakaan Desa berbasis inklusi sosial di Kabupaten Nagan Raya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Strategi apa yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan Desa Blang Sapek dalam menjalankan perpustakaan Desa berbasis inklusi sosial di Kabupaten Nagan Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik pengambilan partisipan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian yang peneliti peroleh berkenaan strategi sukses oleh perpustakaan Desa Blang Sapek dalam menjalankan perpustakaan Desa berbasis inklusi sosial diantaranya; (1) Stategi integrasi, perpustakaan Desa Blang Sapek berupaya merumuskan konsep program kegiatan dengan melibatkan berbagai pihak baik dari masyarakat, ibu PKK dan pimpinan Desa agar setiap kegiatan yang dilakukan punya alur yang terencana. (2) Strategi promosi, dalam melaksanakan program kegiatan yang dilakukan lebih domianan membuat kerupuk dari kulit pisang dan ranup meuh kupiyah meukeutop hal ini dilakukan guna mengembangkan kreatifitas dan keterampilan masyarakat Desa Blang Sapek. (3) Strategi pemasaran, dalam hal ini perpsustakaan Desa Blang Sapek dalam melakukan strategi pemasaran berupaya melakukan berbagai perencanaan agar tujuan dari perpustakaan bisa diperoleh sebagaimana mestinya. Dalam hal ini pengelola perpustakaan melakukan target pemasaran sehingga setiap produktifitas yang ada bisa dikembangkan. Dapat dipahami bahwa keaktifan perpustakaan Desa Blang Sapek dalam mengembangkan kreatifitas dengan melibatkan berbagai pihak merupakan strategi utama dilakukan sehingga membuat perpustakaan bisa mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Juliadi Juli
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:43
Last Modified: 15 Mar 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27537

Actions (login required)

View Item
View Item