Pengaruh Permainan Tradisional Selop Tampuwuang Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ikhlas Kluet Selatan

Rizka Maulida, 170210115 (2023) Pengaruh Permainan Tradisional Selop Tampuwuang Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ikhlas Kluet Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Tradisional Selop Tampuwuang Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ikhlas Kluet Selatan] Text (Pengaruh Permainan Tradisional Selop Tampuwuang Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ikhlas Kluet Selatan)
Rizka Maulida, 170210115, FTK, PIAUD, 082269988702.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan sosial emosional merupakan salah satu kemampuan perkembangan perilaku bersosial dengan lingkungan, di mana perkembangan emosional anak suatu proses melatih hubungan bersosial, terutama di tuntut belajar bergaul supaya anak memiliki hubungan sosial dengan lingkungan sekitarnya. Kemampuan sosial emosional anak di TK Al-Ikhlas Kluet Selatan masih kurang, dikarenakan yaitu anak masih kurang berinteraksi dengan teman-teman sebayanya, anak kurang mengekspresikan perasaan kepada temannya, sulit berbagi, kerjasama dan kurang memberikan semangat untuk teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional selop tampuwuang dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhlas Kluet Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan analisis pre-exsperimental desaign dengan jumlah sampel 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan design one group pretest-posttest, yang kemudian di analisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diselesaikan, maka dapat di hitung thitung = 3,15 kemudian di cari ttabel dengan dk (10-1=9) pada taraf signifikasi α= 0,05 maka dari tabel distribusi t didapat t(0,05)(9)= 1,833. Karena thitung>ttabel yaitu 3,15>1,833, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Selop Tampuwuang dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhlas Kluet Selatan, atau Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rizka Maulida
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:06
Last Modified: 16 Mar 2023 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27556

Actions (login required)

View Item
View Item