Peran Koperasi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Pesantren Al Falah Abu Lam U (Studi Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U)

Yudi Hermawan, 170602183 (2022) Peran Koperasi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Pesantren Al Falah Abu Lam U (Studi Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Koperasi] Text (Peran Koperasi)
Yudi Hermawan, 170602183, FEBI, ES, 085261698863.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Koperasi adalah suatu bentuk kerjasama dalam perekonomian, kerjasama ini diadakan karena adanya kesamaan jenis kebutuhan hidup mereka. Adanya koperasi pondok pesantren merupakan salah satu Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan santri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana peran koperasi dalam meningkatkan pendapatan ekonomi di Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U (2) untuk mengetahui langkah-langkah kopersi pondok pesantren dalam meningkatkan pendapatan ekonomi Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U. Setelah penulis observasi dengan jumlah santri 567 diperkirakan dapat membantu pendapatan ekonomi pesantren melalui adanya kopontren akan tetapi ini masih belum optimal, maka oleh karena itu penulis ingin membenahi dengan cara membuat penelian di kopontren. Untuk mencapai tujuan ini, digunakan pendekatan penenlitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan. Dalam penulisan ini peneliti mengunakan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peran koperasi dalam meningkatkan pendapatan ekonomi pesantren sudah ada peningkatan ditandai dengan adanya laporan keuangan setiap bulannya dan setiap tahunnya akan tetapi masih belum signifikan hasil labanhya akan disetorkan kepada pihak pesantren baik material maupun non material. (2) Langkah-langkah dalam meningkatkan strategi kopontren menggunakan analisis SWOT agar mengetahui kekuatan kelemahan, peluang dan ancaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Yudi Hermawan Yudi
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:38
Last Modified: 16 Mar 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27563

Actions (login required)

View Item
View Item