Uji Toksisitik Daun Bakau Kurap (Rhizophora Mucronata) Yang Diekstrak Menggunakan Pelarut Berbeda Dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)

Zultira Harina Roza, 170703026 (2022) Uji Toksisitik Daun Bakau Kurap (Rhizophora Mucronata) Yang Diekstrak Menggunakan Pelarut Berbeda Dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Uji Toksisitik Daun Bakau Kurap (Rhizophora Mucronata) Yang Diekstrak Menggunakan Pelarut Berbeda Dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)] Text (Uji Toksisitik Daun Bakau Kurap (Rhizophora Mucronata) Yang Diekstrak Menggunakan Pelarut Berbeda Dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT))
Zultira Harina Roza, 170703026, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Bakau Kurap (Rhizophora mucronata) memiliki potensi sebagai antibakteri, anti jamur dan antivirus. Pengujian sitotoksik perlu dilakukan dalam rangka memprediksi sifat toksik yang terkandung dalam senyawa tumbuhan baik terhadap material biologik maupun nonbiologik. Pengujian sitotoksik daun Bakau Kurap (Rhizopora mucronata) menggunakan metode Brine Shrimpt Lethality Test (BSLT) hanya terbatas pada pelarut polar yaitu methanol dan etanol. Komparasi toksisitas ekstraks daun Bakau Kurap (Rhizopora mucronata) dengan menggunakan pelarut berbeda lainnya seperti etanol (polar), etil asetat (semi polar) dan n-heksana (non polar) masih belum diuji dan apa saja senyawa yang terdapat didalam pelarut yang memiliki nilai LC50 yang paling tinggi. Nilai LC50 pada pengujian toksisitik daun Bakau Kurap (Rhizophora mucronata) menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) dari ekstrak etanol sebanyak 402.450 ppm, etil asetat 230.977 ppm dan n heksana 180.310 ppm, ketiga ekstrak tersebut bersifat toksik. Senyawa metabolit sekunder yang terdapat di dalam pelarut yang memilki nilai LC50 yang paling tinggi adalah Terpenoid, Alkaloid, Keton, fenol, minyak terpentin, minyak atsiri, lemak tak jenuh dan zat kapur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Zultira Harina Roza Zultira
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:36
Last Modified: 16 Mar 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27564

Actions (login required)

View Item
View Item