Analisis Task Commitment dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA

Lisa Fajar Wati, 150205001 (2022) Analisis Task Commitment dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Task Commitment dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA] Text (Analisis Task Commitment dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA)
Lisa Fajar Wati, 150205001, FTK, PMA, 082336994388.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Task commitment sangat penting dimiliki oleh siswa sebagai bentuk tanggung jawab pada dirinya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan meski mengalami berbagai rintangan. Adanya task commitment dalam diri siswa dapat mendorong siswa lebih mandiri dan dapat mengukur sejauh mana siswa tersebut dapat memahami materi yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan task commitment siswa dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa kelas X IPAS 1 di SMA Negeri 16 Banda Aceh yaitu 2 siswa yang memiliki task commitment kategori tinggi, 2 siswa yang memiliki task commitment kategori sedang dan 2 siswa yang memiliki task commitment kategori rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, angket task commitment dan pedoman wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber data dan member checking. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Task commitment siswa pada tingkat tinggi memiliki rasa percaya diri yang kuat terhadap hasil pekerjaannya dan tidak mudah putus asa terhadap keadaan yang sulit dalam mengerjakan tugas yang diberikan, (ii) task commitment siswa pada tingkat sedang memiliki rasa percaya diri terhadap tugas yang dikerjkan namun cenderung cepat putus asa jika dihadapkan dengan soal yang sulit serta kurang semangat selama pembelajaran, (iii) task commitment siswa pada tingkat rendah cenderung tidak optimis dengan jawaban sendiri, dan bekerja sama ketika ujian.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd 2. Khairina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Task Commitment, Pembelajaran Matematika
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Lisa Fajar Wati
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:37
Last Modified: 16 Mar 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27567

Actions (login required)

View Item
View Item