Penggunaan Media Audio Visual terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Kelas Iv Min 29 Aceh Besar

Suriati, 201325136 (2017) Penggunaan Media Audio Visual terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Kelas Iv Min 29 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Audio Visual]
Preview
Text (Membahas tentang Audio Visual)
Suriati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa hambatan dan permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Salah satunya adalah media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu Nani guru kelas IV MIN 29 Aceh Besar, keadaan riilnya adalah rendahnya hasil belajar siswa pada subtema “Bersyukur Atas Keberagaman”. Di MIN 29 Aceh Besar sebelumnya belum pernah menggunakan media audio visual dalam proses belajar mengajar. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan media audio visual. Maka telah dilakukan penelitian tentang penggunaan media audio visual terhadap ketuntasan belajar siswa pada subtema bersyukur atas keberagaman kelas IV MIN 29 Aceh Besar. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui penggunaan media audio visual terhadap ketuntasan belajar siswa pada materi bersyukur atas keberagaman. Penelitian ini dilakukan di MIN 29 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media Audio Visual. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experimental, sedangkan desainnya adalah pretest – posttest Control Group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 29 Aceh Besar semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil menggunakan tehnik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas IV1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV3 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor posttest kelas kontrol dengan thitung > ttabel yaitu 6,46 > 1,68 pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada subtema bersyukur atas keberagaman kelas IV MIN 29 Aceh Besar. Berdasarkan hasil analisis respon siswa terhadap penggunaan media audio visual pada subtema beryukur atas keberagaman tergolong sangat baik ditunjukkan dengan respon siswa yang menjawab sangat setuju mencapai 74,4% dan setuju 22,4%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya media audio visual dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada subtema besyukur atas keberagaman kelas IV MIN 29 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Mawardi, S.Ag., M.Pd. 2.Darmiah, MA
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media Audio Visual, Ketuntasan Belajar
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suriati Diah
Date Deposited: 07 Mar 2018 09:56
Last Modified: 07 Mar 2018 09:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item
View Item