Agama Dan Mistik Dalam Film Munafik Ii (Analisis Kontent)

Mohamad Nazir Hakim Bin Yaacob, 150302004 (2023) Agama Dan Mistik Dalam Film Munafik Ii (Analisis Kontent). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Agama Dan Mistik Dalam Film Munafik Ii (Analisis Kontent)] Text (Agama Dan Mistik Dalam Film Munafik Ii (Analisis Kontent))
Mohamad Nazir Hakim Bin Yaacob, 150302004, FUF, SA, +60169206153.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Produk film yang dirasa cukup berhasil mempengaruhi masyarakat Melayu di antaranya film “Munafik II”. Film ini menggambarkan beberapa pesan mistik berisi dua kontent sekaligus, yaitu agama dan mistik. Hal ini dibuktikan setelah film tersebut tayang di Malaysia, memicu masyarakat khususnya kalangan pemuda yang tertarik dengan aspek agama dan mistik film tersebut. Satu sisi, unsur agama dan mistik yang dipaparkan dalam kontent film tersebut dijadikan sebagai pesan dasar yang saling berkaitan. Di sisi lain, cenderung ada penyimpangan pesan mistik dengan pesan agama yang disajikan. Abu Ja selaku tokoh utama dalam film ini menggunakan unsur mistik dalam menentang ajaran agama. Ketidaksetujuannya terhadap ajaran agama membuatnya bersekukuh dengan melawan tokoh agama. Mengacu pada latar belakang dan fokus penelitian tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut Bagaimana unsur-unsur Agama dan Mistik dalam Film Munafik II?, dan Bagaimana motif dan bentuk-bentuk penyimpangan Agama dalam Film Munafik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Nazir Hakim
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:03
Last Modified: 16 Mar 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27576

Actions (login required)

View Item
View Item