Penyelesaian Kebakaran Lahan Milik Orang Lain Akibat Kelalaian di Kecamatan Blangkejeren Gayo Lues (Ditinjau Menurut Hukum Positif, Hukum Adat dan Hukum Islam)

Alfi Yandi, 180104091 (2023) Penyelesaian Kebakaran Lahan Milik Orang Lain Akibat Kelalaian di Kecamatan Blangkejeren Gayo Lues (Ditinjau Menurut Hukum Positif, Hukum Adat dan Hukum Islam). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penyelesaian Kebakaran Lahan Milik Orang Lain Akibat Kelalaian di Kecamatan Blangkejeren Gayo Lues (Ditinjau Menurut Hukum Positif, Hukum Adat dan Hukum Islam)] Text (Penyelesaian Kebakaran Lahan Milik Orang Lain Akibat Kelalaian di Kecamatan Blangkejeren Gayo Lues (Ditinjau Menurut Hukum Positif, Hukum Adat dan Hukum Islam))
Alfi Yandi, 180104091, FSH, HPI, 085217200664.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kasus terbakarnya lahan milik orang lain akibat kelalai dalam membakar hutan ialah kasus yang terjadi di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Sekalipun perkara terbakarnya lahan milik orang lain akibat kelalaian ini dapat dikatakan memenuhi unsur pidana namun dalam masyarakat tidak semua perkara pidana diselesaikan secara hukum positif, melainkan juga masih ada jalan melalui hukum adat yang ada di Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelesaian perkara terbakarnya lahan milik orang lain akibat kelalaian melalui hukum adat di Kecamatan Blangkejeren dan menganalisis tinjauan hukum pidana Islam terhadap penyelesaian perkara terbakarnya lahan milik orang lain akibat kelalaian melalui hukum adat di Kecamatan Blangkejeren. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian hukum empiris. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa penyelesaian perkara terbakarnya lahan milik orang lain akibat kelalaian melalui hukum adat di Kecamatan Blangkejeren Gayo Lues melibatkan tiga pihak yakni pelaku, korban dan perangkat adat sebagai mediatornya. Penyelesaian perkara ini diakhiri dengan pemberian sanksi berupa denda ganti rugi penanaman kembali lahan yang dibakar. Menurut tinjauan hukum pidana Islam penyelesaian perkara terbakarnya lahan milik orang lain akibat kelalaian melalui hukum adat di Kecamatan Blangkejeren Gayo Lues sudah dilakukan sesuai ketentuan Islam, karena pihak adat melibatkan kedua pihak baik korban maupun pelaku dengan memberikan sanksi berupa denda dengan penanaman kembali lahan Serewangi yang terbakar oleh pelaku yang sudah disepakati oleh hukum Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Perkara, Kerugian Orang Lain, Kelalaian.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Alfi Yandi
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:43
Last Modified: 17 Mar 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27595

Actions (login required)

View Item
View Item