Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek

Sabila Walidaini, 170210021 (2021) Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek] Text (Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek)
Sabila Walidaini, 170210021, FTK, PIAUD, 082113757614.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kecerdasan Naturalis adalah Kecerdasan yang dimiliki individu yang berhubungan dengan tumbuhan, hewan dan lingkungan alam sekitarnya. Individu yang memiliki Kecerdasan Naturalis mampu untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan mengelompokkan terhadap apa yang ditemui di alam maupun lingkungannya. Semua Anak memiliki Kecerdasan Naturalis begitu juga di RA Babussalam akan tetapi diperlukan Metode yang menarik untuk menstimulasi Kecerdasan Naturalis Anak agar lebih berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek. Peneliti menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas A1 (kontrol) yang terdiri dari 14 anak dan kelas B1 (eksperimen) yang terdiri dari 10 anak. Pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa lembar observasi penilaian dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kecerdasan Naturalis anak sebelum menggunakan Pendekatan Proyek ada yang masi belum berkembang. Sedangkan setelah menggunakan Pendekatan Proyek Kecerdasan Naturalis anak berkembang lebih daripada sebelum menggunakan Pendekatan Proyek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sabila Walidaini Bila
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:52
Last Modified: 17 Mar 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27604

Actions (login required)

View Item
View Item