Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V MIN 25 Aceh Besar Pada Materi Siklus Air

Erna Hartanti, 190209036 (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V MIN 25 Aceh Besar Pada Materi Siklus Air. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap  Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V MIN 25 Aceh Besar Pada Materi Siklus Air] Text (Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V MIN 25 Aceh Besar Pada Materi Siklus Air)
Erna Hartanti, 190209036, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V MIN 25 Aceh Besar bahwasanya terdapat suatu permasalahan. Adapun masalah tersebut yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah, disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan tidak mendorong siswa untuk berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MIN 25 Aceh Besar pada materi siklus air. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design, dengan desain penelitian Nonequivalent pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapatnya pengaruh positif dari penerapan model problem based learning yang didasarkan dari hasil perolehan uji independent sample t test dengan nilai signifikan (2-tailed) 0.040 < 0.05, dan Thitung (9,500), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dan juga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol sebelum dan sesudah diberi perlakuan yang dibuktikan dari hasil uji paired sample t test,kedua kelas sama-sama memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat menpengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MIN 25 Aceh Besar pada materi siklus air.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erna Hartanti Erna
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:52
Last Modified: 17 Mar 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27608

Actions (login required)

View Item
View Item