Peran Penyuluhan Agama Dalam Bimbingan Pranikah Di KUA Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya

Maulisa, 170402077 (2022) Peran Penyuluhan Agama Dalam Bimbingan Pranikah Di KUA Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Penyuluhan Agama Dalam Bimbingan Pranikah Di Kua Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya] Text (Peran Penyuluhan Agama Dalam Bimbingan Pranikah Di Kua Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya)
Maulisa, 170402077, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pernyataan peneliti dalam penelitian ini adalah bagaimana peran penyuluh agama islam dalam memberikan bimbingan penyuluhan kepada calon mempelai di KUA Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Penyuluh agama sebagai pembuka agama dituntut agar mampu menyebarkan segala aspek pembangunan melalui pintu agama agar penyuluhan dapat berhasil, maka seseorang penyuluh agama dapat memahami materi dakwah, metode dakwah dan teknik penyuluhan, sehingga seorang penyuluh agama diharapkan dapat mencapai tujuan dakwah yaitu dapat mengubah masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik dan sejahtera lahir maupun batin. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Manfaat penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran atau memperkaya konsep-konsep, teori-teori terhadap ilmu-ilmu pengetahuan dalam suatu penelitian dan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi masyarakat khusus penyuluhan. Hasil penelitian ini dalam hal ini peneliti menyimpulkan bahwa bimbingan pranikah diharapkan mampu memberikan jalan terang untuk mereka mempersiapkan diri dengan gambaran pernikahan itu seperti apa, kendala-kendsla yang akan dihadapi, dan bagaimana mereka mampu menyikapi hakikat pernikahan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.3028 Bimbingan Perkawinan, Termasuk BP4
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Maulisa Maulisa
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:55
Last Modified: 17 Mar 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27616

Actions (login required)

View Item
View Item