Penerapan peer Counseling (Konseling Teman Sebaya) untuk Meningkatkan Prososial Siswa di SMAN 2 Banda Aceh

Wanda Alfiani, 170213041 (2022) Penerapan peer Counseling (Konseling Teman Sebaya) untuk Meningkatkan Prososial Siswa di SMAN 2 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peer Counseling] Text (Peer Counseling)
Wanda Alfiani, 170213041, FTK, BK, 085261459775.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Peer Counseling adalah konseling teman sebaya sebagai suatu ragam tingkah laku untuk membantu secara interpersonal yang dilakukan oleh individu non-profesional yang berusaha membantu orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa di sekolah, dengan sampel kelas X dan XI sebagai media dalam melaksanakan layanan peer counseling yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini berfokus pada pengembangan perilaku prososial dengan pemenuhan aspek berbagi, menolong, kerja sama, kejujuran dan menyumbang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan One Group Pre-Test Post-Test Desain untuk melihat pengaruh sebelum dan sesudah diberikannya layanan peer counseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket dengan menggunakan skala likert dan observasi. Adapun hasil penelitian diketahui nilai thitung sebesar -14,377 dengan df N-1=10-9 maka diperoleh ttabel sebesar 2,262 yang mana ttabel>thitung maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan perilaku prososial siswa sesudah diberikan layanan peer counseling kepada siswa kelas X dan XI di SMAN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Wanda Alfiani Wanda
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:56
Last Modified: 17 Mar 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27617

Actions (login required)

View Item
View Item