Remediasi Tanah Tercemar Hidrokarbon Limbah Oli Dengan Perpaduan Metoda Soil Washing Menggunakan Surfaktan Non-Ionik Dan Biostimulasi Dengan Feses Kambing

Santi Oktafiani, 150702088 (2022) Remediasi Tanah Tercemar Hidrokarbon Limbah Oli Dengan Perpaduan Metoda Soil Washing Menggunakan Surfaktan Non-Ionik Dan Biostimulasi Dengan Feses Kambing. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Remediasi Tanah Tercemar Hidrokarbon Limbah Oli Dengan Perpaduan Metoda Soil Washing Menggunakan Surfaktan Non-Ionik Dan Biostimulasi Dengan Feses Kambing] Text (Remediasi Tanah Tercemar Hidrokarbon Limbah Oli Dengan Perpaduan Metoda Soil Washing Menggunakan Surfaktan Non-Ionik Dan Biostimulasi Dengan Feses Kambing)
Santi Oktafiani, 150702088, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Limbah oli termasuk limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dapat merusak lingkungan jika dibuang langsung ke alam tanpa pengolahan. Remediasi tanah tercemar oli menggunakan metoda Biostimulasi dengan feses kambing sebagai nutrien. Sebelum dilakukan biostimulasi, dilakukan soil washing dengan surfaktan non-ionik untuk menurunkan kandungan TPH dengan variasi 0 %, 0.01%, 0.02%, 0.03%, 0.04%, 0.05%. Variasi yang dilakukan adalah kadar pemberian feses kambing sebagai nutrien kedalam tanah tercemar oli (kontrol, 40 gram). Parameter yang diuji meliputi nilai TPH, pH, dan suhu dalam sampel tanah tercemar limbah oli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pre-treatment soil washing dapat membantu menurunkan TPH hingga mencapai 5.94%. pada biostimulasi hasil yang didapatkan menunjukkan penambahan nutrien 40 gr menghasilkan tingkat degradasi TPH paling tinggi (turun hingga 4.53% ) pada sampel tanah tercemar, hasil uji statistik anova two-way menunjukkan nilai signifikansi waktu pengomposan terhadap kadar TPH sebesar 0,000. Dimana nilai probabilitas tersebut < dari 0,05 nilai ini berarti bahwa waktu pengomposan berpengaruh terhadap penurunan nilai TPH.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Santi Oktafiani Santi
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:04
Last Modified: 17 Mar 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

View Item
View Item