Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis

Syifa Fadilla, 180205090 (2023) Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis] Text (Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis)
Syifa Fadilla, 180205090, FTK, PMA, 082155843451.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan penalaran merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa melalui proses berpikir tingkat tinggi untuk menyelesaikan permasalahan. Namun, siswa belum mampu menyelesaikan permasalahan yang menuntut untuk berpikir tingkat tinggi dan siswa juga belum mampu mengkaji masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yang dilakukan siswa MTs dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa yang berkemampuan penalaran matematis kategori tinggi, 2 siswa dengan kategori sedang, dan 2 siswa dengan kategori rendah. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sendiri dan soal tes sebagai instrumen utama yang diikuti oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, yaitu pemberian STKPM1 dan STKPM2 dalam waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal HOTS dengan benar tanpa ada kesalahan, siswa yang berkemampuan sedang melakukan kesalahan dalam melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti atau memberikan alasan terhadap kebenaran solusi dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut adalah siswa kurang memahami masalah yang diberikan dan keliru dalam melakukan perhitungan. Sedangkan siswa yang kemampuan kategori rendah melakukan kesalahan dalam mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti atau memberikan alasan terhadap kebenaran solusi dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut adalah tidak memahami masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Syifa Fadilla Syifa
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:33
Last Modified: 17 Mar 2023 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27626

Actions (login required)

View Item
View Item