Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Tunarungu SMP-LB Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh

Taslima, 170303042 (2023) Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Tunarungu SMP-LB Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Kemampuan membaca Alquran Siswa Tuna Rungu] Text (Tentang Kemampuan membaca Alquran Siswa Tuna Rungu)
Taslima, 170303042, FUF, IAT, 085320809008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memerlukan persyaratan pendidikan yang berbeda dari anak normal. Oleh karena itu, agar proses belajar berjalan secara efektif, memerlukan program, pelayanan, fasilitas, dan materi khusus. Jenis anak berkebutuhan khusus dalah satunya adalah anak penyandang tunarungu, tunarungu dipahami sebagai kesulitan mendengar, yang meliputi keseluruhannya di mulai dari yang ringan hingga yang berat, dan digolongkan kedalam bagian tuli dan kurang dengar. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana kemampuan memahami alquran pada siswa tunarungu dan strategi apa yang digunakan serta bagaimana mengukur tingkat kemampuannya. Penelitian ini dilakukan pada siswa tunarungu di SMP-LB Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Alquran pada anak tunarungu, memetakan strategi pembelajaran juga mendeskripsikan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model Field Research, metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian mengindikasikan bahwa anak tunarungu yang kehilangan pendengarannya mengalami hambatan dalam kontak bunyi dengan lingkungan, akibatnya anak tidak dapat melakukan kegiatan menyimak dan meniru sebagai dasar dan keterampilan berbicara. Hal ini menyulitkan mereka dalam proses belajar mengajar, sehingga pemilihan strategi akan mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pendidikan Alquran tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Taslima Ima
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:21
Last Modified: 17 Mar 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27628

Actions (login required)

View Item
View Item