Unsur Tindak Pidana Pungutan Liar dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie)

Muhammad Deni Fitriadi, 141209614 (2019) Unsur Tindak Pidana Pungutan Liar dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Unsur Tindak Pidana Pungutan Liar dalam Perspektif      Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di  Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie)] Text (Unsur Tindak Pidana Pungutan Liar dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie))
M. Deni fitriadi, 141209614, FSH, HPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perbuatan Pungutan liar merupakan suatu kejahatan pidana yang dapat merugikan diri sendiri dan oranglain. Pungutan liar yang terjadi di Kota Sigli merupakan kejahatan pidana yang merusak tatanan aturan adat dan Negara, Permasalahan penelitian dalam skripsi ini adalah Unsur Tindak Pidana Pungutan Liar dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie) Untuk memperoleh jawaban tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. penelitian ini yang menghasilkan data deskriptif analisis dengan cara memaparkan dan menjelaskan hasil penelitian melalui teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pungutan Liar adalah pungutan yang melebihi ketentuan yang ada atau pungutan yang tidak resmi yang dilakukan oleh pejabat negara dalam memperkaya diri sendiri. Pungutan liar terjadi karena adanya peluang dari pejabat dan masyarakat itu sendiri. Dalam hukum Islam Pungli Termasuk perbuatan yang haram karena mengandung unsur Kezaliman. Pungutan liar tersebut terjadinya karena penyalahgunaan jabatan dari aparatur sipil, dengan adanya kekuasaan maka pejabat akan dengan mudah memungut pungli dan pungutan liar terjadi karena disebabkan kurangnya penghasilan atau keinginan untuk memiliki penghasilan lebih sehingga mereka melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.58 Perbandingan Hukum Pidana Islam dengan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: M. Deni Fitriadi Deni
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:26
Last Modified: 17 Mar 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27630

Actions (login required)

View Item
View Item