Isolasi Bakteri Endofit pada Daun Kari (Murraya koenigii L. Spreng) dan Uji Daya Hambat Terhadap Bakteri Bacillus cereus dan Shigella sonnei

Rauzatul Firdha, 170703010 (2022) Isolasi Bakteri Endofit pada Daun Kari (Murraya koenigii L. Spreng) dan Uji Daya Hambat Terhadap Bakteri Bacillus cereus dan Shigella sonnei. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Isolasi Bakteri Endofit pada Daun Kari (Murraya koenigii L. Spreng) dan Uji Daya Hambat Terhadap Bakteri Bacillus cereus dan Shigella sonnei] Text (Isolasi Bakteri Endofit pada Daun Kari (Murraya koenigii L. Spreng) dan Uji Daya Hambat Terhadap Bakteri Bacillus cereus dan Shigella sonnei)
Rauzatul Firdha, 170703010, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Bakteri endofit dapat memproduksi senyawa kimia yang memiliki efek bagi kesehatan, terutama bakteri endofit yang diisolasi dari tanaman obat. Salah satu tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan adalah tanaman kari (Murraya koenigii L. Spreng). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bakteri endofit berupa morfologi koloninya, uji biokimia, pewarnaan Gram dan pewarnaan endospora yang terdapat pada daun kari (M. koenigii) dan bagaimana aktivitas antibakteri dari bakteri endofit daun kari (M. koenigii) dalam menghambat bakteri uji Bacillus cereus ATCC 11788 dan Shigella sonnei. Isolasi bakteri endofit dari daun kari (M. koenigii) menggunakan metode plant piece dan sterilisasi permukaan daun yang telah dipotong dengan ukuran ± 1 cm menggunakan perendaman sampel dalam larutan natrium hipoklorit 2 % selama 1 menit sebanyak 3 kali. Kemudian daun ditanam pada media Nutrient Agar (NA) dengan penambahan nystatin 0,01 % dan diinkubasi selama 24 jam pada suhu 37 oC. Koloni tunggal yang didapatkan diuji aktivitas antibakteri terhadap bakteri uji menggunakan metode paper disk diffusion. Metode pengujian dengan menggunakan metode Kirby Bauer. Pengamatan morfologi dan uji biokimia diperoleh 9 isolat bakteri endofit yang menunjukkan bahwa endospora positif, Gram positif dan tergolong genus Bacillus. Hasil pengujian menunjukkan bakteri endofit memiliki kemampuan menghambat lemah terhadap Bacillus cereus ATCC 11788 dan Shigella sonnei.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Rauzatul Firdha Firdha
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:35
Last Modified: 20 Mar 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27644

Actions (login required)

View Item
View Item