Kemampuan Guru PAUD dalam Mengintegrasikan Nilai pada Rencana Pembelajaran Harian (Rpph) Anak Usia Dini di Kabupaten Pidie Jaya

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) Kemampuan Guru PAUD dalam Mengintegrasikan Nilai pada Rencana Pembelajaran Harian (Rpph) Anak Usia Dini di Kabupaten Pidie Jaya. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Kemampuan Guru PAUD dalam Mengintegrasikan Nilai pada Rencana Pembelajaran Harian (Rpph) Anak Usia Dini di Kabupaten Pidie Jaya] Text (Turnitin Jurnal : Kemampuan Guru PAUD dalam Mengintegrasikan Nilai pada Rencana Pembelajaran Harian (Rpph) Anak Usia Dini di Kabupaten Pidie Jaya)
8. MISBAH (SINTA 4. JURNAL GENDER EQUALITY).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PAUD dalam mengintegrasikan nilai keagamaan, nilai sosial dan nilai saintifik pada rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) anak usia dini di Kabupaten Pidie Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang guru yang mengajar di lima PAUD kategori anak usia 4-6 tahun di Kabupaten Pidie Jaya. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis dokumen RPPH. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan guru dalam mengintegrasikan nilai keagamaan, nilai sosial dan nilai saintifik dalam RPPH sangat bervariasi. Dari lima guru yang diteliti, pada kegiatan awal dan penutup sudah mengintegrasikan ketiga nilai dengan baik. Akan tetapi pada kegiatan inti tidak ada satupun guru yang mampu mengintegrasikan nilai keagamaan, sedangkan nilai saintifik hanya satu guru yang mampu memunculkan dalam RPPH. Oleh karena itu diharapkan pada pihak sekolah untuk memberikan kesempatan bagi para guru PAUD untuk mengikuti pelatihan tentang bagaimana mengembangkan RPPH berbasis kurikulum 2013 sehingga pengintegrasian nilai keagamaan, nilai sosial dan nilai saintifik dalam RPPH dan pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan guru dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:44
Last Modified: 10 Apr 2023 04:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27650

Actions (login required)

View Item
View Item