Penerapan Metode Langsung dengan Media Video dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MUQ Pagar Air Banda Aceh

Abdul Aziz, 190202046 (2023) Penerapan Metode Langsung dengan Media Video dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MUQ Pagar Air Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Langsung dengan Media Video dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MUQ Pagar Air Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Langsung dengan Media Video dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MUQ Pagar Air Banda Aceh)
Abdul Aziz, 190202046, FTK, PBA, 082363387807.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan, maka peneliti mendapatkan suatu masalah yaitu, para siswa tidak dapat menetapkan gagasan utama dan memahami pokok bahasan yang dipelajari dengan baik, sehingga hal itu mempengaruhi kesanggupan mereka yang buruk ketika menjawab beberapa soal terkait keterampilan mendengar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas sebuah video untuk mengupgrade kemampuan siswa dan keterampilan mendengarnya dan mengenali nilai respon siswa setelah menerapkan metode langsung pengajaran bahasa arab melalui video. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif Deskriptif dan peneliti memilih desain Pre-Eksperimen untuk penelitian Kualitatif Deskriptif ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru bernilai baik, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru untuk mengorganisasi proses pengajaran dan pembelajaran bernilai 77.45% serta dalam kegiatan siswa untuk menerima pokok bahasan adalah baik pada 79,16% ketika menganalisis data pengamatan langsung dan tanggapan siswa adalah positif dan baik. Ini seperti yang kita lihat untuk menganalisis data senilai 91.334%. Hasil akhir sangat tinggi. Ini adalah seperti yang kita lihat pada hasil tes -t (t-tes) lebih besar daripada hasil tabel (t-tabel), yaitu: 2,04 < 13 317 > 2.76. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Salah satu fenomena tersebut adalah bahwa penggunaan video efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk mendengarkan di kelas satu pada pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Abdul Aziz Aziz
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:10
Last Modified: 20 Mar 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27653

Actions (login required)

View Item
View Item