Pengolahan Air Lindi TPA Regional Blang Bintang Menggunakan Tanaman Kayu Apu (Pistia Stratiotes) Dengan Metode Constructed Wetland Non Kontinyu

Rahmadian Fattayat, 180702026 (2022) Pengolahan Air Lindi TPA Regional Blang Bintang Menggunakan Tanaman Kayu Apu (Pistia Stratiotes) Dengan Metode Constructed Wetland Non Kontinyu. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Constructed Wetland] Text (Constructed Wetland)
Rahmadian Fattayat, 180702026, FST, TL, 082211762563.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Metode constructed wetland adalah lahan basah buatan, dengan fungsi pemurnian air limbah dengan menggunakan fisik, kimia dan metode biologi dalam sebuah ekosistem, memanfaatkan proses filtrasi, adsorpsi, sedimentasi, pertukaran ion dan penguraian mikroba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metode constructed wetland dalam menyisih polutan-polutan yang terdapat pada air lindi dengan memvariasikan berat tanaman dan waktu tinggal pada pengolahannya. Parameter yang dianalisis pada penelitian ini yaitu Biochemical Oxygen Demand (BOD), chemical oxygen demand (COD), total suspended solid (TSS) serta perubahan pada nilai pH. Variasi waktu tinggal yang digunakan adalah hari ketiga dan keenam, untuk variasi berat tanaman yaitu 200 gram dan 400 gram. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa metode constructed wetland dapat menurunkan kadar pencemar BOD, COD, TSS, serta untuk menetralkan nilai pH. Penurunan tertinggi pada nilai BOD terjadi pada waktu tinggal hari keenam dan variasi berat tanaman 400 gram dengan persentase penyisihan mencapai 43,33%. Penurunan tertinggi pada nilai COD terjadi pada waktu tinggal hari keenam dan variasi berat tanaman 400 gram dengan persentase penyisihan mencapai 55,08%. Penurunan tertinggi pada nilai TSS terjadi pada waktu tinggal hari keenam dan variasi berat tanaman 400 gram dengan persentase penyisihan mencapai 31,48 %. Berdasarkan hasil eksperimen juga diketahui bahwa metode Constructed wetland juga mampu mempengaruhi nilai pH yang awalnya 8,6 menjadi 7,2 pada waktu tinggal hari keenam dan variasi berat tanaman 400 gram. Berdasarkan hasil uji parameter tersebut metode constructed wetland mampu menyisihkan atau menurunkan perameter pencemar yang terdapat dalam air lindi sehingga diharapkan dapat diterapkan langsung dengan skala yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Rahmadian Fattayat Tata
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:11
Last Modified: 20 Mar 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27654

Actions (login required)

View Item
View Item