Rancang Bangun E-nami Sebagai Media Edukatif Mitigasi Bencana Tsunami

Raeza Maulana, 180212076 (2022) Rancang Bangun E-nami Sebagai Media Edukatif Mitigasi Bencana Tsunami. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Rancang Bangun E-nami Sebagai Media Edukatif Mitigasi Bencana Tsunami.] Text (Rancang Bangun E-nami Sebagai Media Edukatif Mitigasi Bencana Tsunami.)
Raeza-Maulana_180212076_Skripsi-revisi after sidang.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi multimedia semakin pesat khususnya pada bidang Pendidikan, yang salah satu contohnya adalah media edukatif untuk membantu proses pembelajaran. Dengan media edukatif memungkinkan untuk membuat suatu media yang fleksibel sehingga dapat diterapkan banyak hal terkait Pendidikan, contohnya memberikan penyuluhan terkait mitigasi bencana khususnya terhadap generasi muda. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan yang berbeda yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan cara belajar anak yang berbeda-beda. Adapun judul penelitian pada skripsi ini adalah ”Rancang Bangun E-nami Sebagai Media Edukatif Mitigasi Bencana Tsunami”, dengan rumusan masalah bagaimana cara membangun media edukatif E-nami dan bagaimana kelayakan atau validitas isi media E-nami. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan aplikasi RAD. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang di berikan kepada lima orang ahli, dua diantaranya ahli media, dan tiga sisanya ahli materi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah Index Aikens V, dan menggunakan tabel interpretasi untuk menyimpulkan hasil pengolahan data. Adapun hasil pada penelitian ini berupa media edukatif bernama E-nami yang telah melewati fase validasi isi oleh ahli media dan ahli materi. Media E-nami memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata 0.88 (media) dan 0.80 (materi) yang hampir mendekati nilai validitas sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media E-nami layak digunakan dengan sedikit revisi dibagian materi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Raeza Maulana Raeza
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:13
Last Modified: 20 Mar 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27659

Actions (login required)

View Item
View Item