Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MIN 17 Aceh Selatan.

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MIN 17 Aceh Selatan. Jurnal Pencerahan.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MIN 17 Aceh Selatan.] Text (Turnitin Jurnal : Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MIN 17 Aceh Selatan.)
14. ERLINDA DKK (SINTA 4. JURNAL PENCERAHAN).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1)aktivitas guru dengan penerapan modelProblem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energiKelas IV MIN 17 Aceh Selatan, (2) aktivitas siswa dengan penerapan modelProblem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan. (3) hasil belajar siswa dengan penerapan modelProblem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitiansiswa kelas IVa MIN 17 Aceh Selatan yang berjumlah 14 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan (1) Lembar aktivitas guru, (2) Lembar aktivitas siswa, (3) soal tes, yang dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas guru siklus I sebesar 72,22% (katagori baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 97,22% (katagori baik sekali). (2) Aktivitas siswa pada siklus I 67,18% (katagori baik) dan meningkat pada siklus II 90,62% (katagori baik sekali). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 85% (katagori baik sekali) dan meningkat pada siklus II sebesar 100% (katagori baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV MIN 17 Aceh Selatan.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:45
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27662

Actions (login required)

View Item
View Item