Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Dalam Mengembangkan Media Dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (Pjbl)

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Dalam Mengembangkan Media Dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Media dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning ( PjBL).] Text (Turnitin Jurnal : Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Media dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning ( PjBL).)
17. YENTI DKK (SINTA 5. JURNAL PHI).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan dan keterampilan calon guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik tertarik dan termotivasi dalam belajar dan aktivitas yang ditunjukan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan mahasiswa calon guru dalam penguasaan konsep media dan bahan ajar IPA berbasis Project Based Learning (PjBL), (2) kemampuan mahasiswa calon guru IPA dalam mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang penilaiannya terdiri dari penilaian konsep dan penilaian instrumen pengembangan media dan bahan ajar IPA yang kedua data tersebut dianalisis menggunakan rumus perhitungan presentasi. Hasil data yang dikumpulkan melalui penilaian tersebut memperoleh jumlah presentase yaitu pada tahapan (1) penilaian konsep dengan jumlah total presentase mendapatkan kualitas kategori baik (77.3%) yang terdiri dari 10 mahasiswa calon guru IPA mendapatkan kategori baik dan 2 orang mahasiswa lainnya mendapatkan kategori sangat baik. Tahapan (2) penilaian instrument yang meliputi (materi dengan kategori baik (72.8%), desain pembelajaran dengan kategori cukup (64.64%), media komunikasi pembelajaran dengan kategori baik (76.25%), dan ketertarikan peserta didik terhadap media pembelajaran dengan kategori cukup (70.7%).

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:45
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27667

Actions (login required)

View Item
View Item