Kasmiati, 261121435 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII MTsN 7 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
KASMIATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
FROM B DAN D.pdf
Download (597kB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh pembelajaran di sekolah yang masih didominasi oleh guru sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar seperti siswa cenderung bosan, tidak memperhatikan guru, kurang minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Sehingga membutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTsN 7 Aceh Besar? Adapun penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Telas (PTK). Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian Pada siklus I, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 81,81% dan aktivitas siswa belum memenuhi watu ideal, sedangkan kemampuan guru 82,5% dengan kategori baik. Pada siklus II hasil belajar secara klasikal meningkat menjadi 86,36% sedangkan kemampuan guru sebesar 90% berkategori sangat baik, dan post-test sebesar 90,90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran group investigation pada materi aritmatika sosial di kelas VII-1 MTsN 7 Aceh Besar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. Munirwan Umar, M.Pd; 2. Budi Azhari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar dan Aritmatika Sosial |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kasmiati Miati |
Date Deposited: | 07 Mar 2018 03:26 |
Last Modified: | 07 Mar 2018 03:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2767 |