Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami Pada Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami Pada Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami Pada Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs.] Text (Turnitin Jurnal : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami Pada Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs.)
20. AYU SARAH DKK (SINTA 5. JURNAL PHI).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya pengembangan secara khusus bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pada SMP/MTs maka penulis tertarik untuk mewujudkannya walaupun hanya dalam satu materi saja yaitu cahaya dan alat optik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain bahan ajar fisika berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) menggunakan kerangka ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah terwujudnya sebuah dokumen bahan ajar berbasis Contexual Teaching and Learning dan nilai Islami ini menggunakan strategi sains Islami. Hasil ini juga terlah diverivikasi dan dinilai oleh ahli, diantaranya ahli substansimateri dan ahli desain media. Didapatkan bahwabahan ajar yang dihasilkan termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil penilaian kualitas bahan ajar dari ahli materi mencapai 90% dan dari ahli desain 82%. Selain itu, respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pun berada pada kategori tertarik yaitu 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMP/MTs.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:46
Last Modified: 10 Apr 2023 04:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27673

Actions (login required)

View Item
View Item