Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV Min Tungkop Aceh Besar

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV Min Tungkop Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2017. ISBN: 978-602-60401-3-8.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas Iv Min Tungkop Aceh Besar] Text (Turnitin Jurnal : Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas Iv Min Tungkop Aceh Besar)
30. REZA DKK (PROSIDING SEMNAS BIOTIK).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan proses membelajarkan peserta didik dalam mempelajari peristiwa yang terjadi di alam melalui serangkaian proses ilmiah sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran IPA tersebut digunakan untuk mengembangkan potensi sikap, berpikir, berperilaku dan supaya dapat mengembangkan keterampilan dasar yang terdapat pada diri peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik sangat dipengaruhi oleh suatu model atau Pendekatan pembelajaran yang diterapkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, serta hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas IV-4 MIN Tungkop Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 37 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan peserta didik) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 72% berada pada katagori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85% (katagori sangat baik). Selanjutnya aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 69% berada pada katagori (baik) dan pada silkus II mengalami peningkatan sebesar 82% (katagori sangat baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 64,86% berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86% berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV MIN Tungkop Aceh Besar. Dengan demikian diharapkan agar penelitian selanjutnya dapat menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:48
Last Modified: 10 Apr 2023 04:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27687

Actions (login required)

View Item
View Item