Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi Siswa MA Aceh Besar

Siti Ema Maghfirah, 180205092 (2023) Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi Siswa MA Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of pemahaman konsep, kesadaran metakognisi] Text (pemahaman konsep, kesadaran metakognisi)
Siti Ema Maghfirah, 180205092, FTK, PMA,085207856764.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Siswa dapat dengan mudah menyelesaikan masalah matematika apabila dapat memahami konsep dengan baik dan mengingat materi pembelajaran yang diajarkan guru tanpa melihat rumus kembali. Kesadaran metakognisi mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena dengan adanya kesadaran metakognisi, siswa dapat dengan mudah mengontrol dan mengatur apa yang dipelajarinya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematis ditinjau dari kesadaran metakognisi pada siswa MAN 2 Aceh Besar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah angket kesadaran metakognisi, tes pemahaman konsep matematis dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pemahaman konsep matematis siswa dengan kesadaran metakognisi tinggi memenuhi dalam menyatakan ulang sebuah konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. (2) pemahaman konsep matematis siswa dengan kesadaran metakognisi sedang hanya memenuhi dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. 3) pemahaman konsep matematis siswa dengan kesadaran metakognisi rendah hanya memenuhi dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Ema Maghfirah
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:09
Last Modified: 27 Mar 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27692

Actions (login required)

View Item
View Item