Peran Guru Agama Dalam Meningkatkan Kerukunan Antar Siswa Di SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye

Mirza Fahmi, 180302001 (2023) Peran Guru Agama Dalam Meningkatkan Kerukunan Antar Siswa Di SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Peran Guru Agama Dalam Meningkatkan Kerukunan Antar Siswa Di SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye] Text (Peran Guru Agama Dalam Meningkatkan Kerukunan Antar Siswa Di SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye)
Mirza Fahmi, 180302001, FUF, SA, 082261588634.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

SMP di kota Pantonlabu, memiliki indeks toleransi antar umat beragama cukup tinggi tepatnya di SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimanakah peran pengajar dalam membentuk tingkah laku antar peserta didik yang berbeda agama di SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk tingkah laku peserta didik di SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye. Metode yang di pakai (1) Metode observasi (2) Wawancara. (3) Dokumentasi. Teknik analisis data (1) Reduksi Data (2) Display Data (3) Pengambilan Kesimpulan.
(1) Guru agama berperan sebagai suri tauladan yang baik sehingga peserta didik dapat mengambil contoh yang ada padanya. Adapun aspek-aspek yang mempengaruhi kerukunan peserta didik antar agama, kemudahan dalam berinteraksi antara anak didik Muslim dengan non Muslim baik disekolah maupun diluar sekolah seperti nongkrong di warung kopi. (2) Kendala guru agama dalam meningkatkan kerukunan, adanya Proses penyesuaian peserta didik di awal-awal bulan pertama masuk sekolah. Faktor pendukung guru agama dalam meningkatkan kerukunan mereka hidup saling berdampingan satu sama lain baik di sekolah maupun di luar sekolah juga mereka sering berkumpul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Mirza Fahmi
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:26
Last Modified: 21 Mar 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27695

Actions (login required)

View Item
View Item