Analisis Cashback Pada Jual Beli Mobil Dalam Perspektif Akad Bai’ Dalam Fiqh Mua’malah (Suatu Penelitian Pada Dealer Suzuki Mobil PT. Armada Banda Jaya Cabang Bireuen)

Muhammad Fauzan, 121309857 (2019) Analisis Cashback Pada Jual Beli Mobil Dalam Perspektif Akad Bai’ Dalam Fiqh Mua’malah (Suatu Penelitian Pada Dealer Suzuki Mobil PT. Armada Banda Jaya Cabang Bireuen). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Cashback Pada Jual Beli Mobil Dalam Perspektif       Akad Bai’ Dalam Fiqh Mua’malah (Suatu Penelitian Pada  Dealer Suzuki Mobil PT. Armada Banda Jaya Cabang Bireuen)] Text (Analisis Cashback Pada Jual Beli Mobil Dalam Perspektif Akad Bai’ Dalam Fiqh Mua’malah (Suatu Penelitian Pada Dealer Suzuki Mobil PT. Armada Banda Jaya Cabang Bireuen))
Muhammad Fauzan, 121309857, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Saat ini banyak perusahaan yang melakukan promo dengan cara memberikan diskon yang tinggi untuk menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Promo tersebut berupa pemberian cashback yang sangat menggiurkan untuk setiap pembelian barang secara tunai dan kredit. Namun ada sebagian konsumen merasakan pemberian cashback yang tidak menggunakan standard nilai cashback sehingga menimbulkan ketidakpuasan para konsumen. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana ketentuan pemberian cashback pada PT. Armada Banda Jaya Suzuki Bireun pada penetapan harga transaksi jual beli mobil dengan konsumen, bagaimana besaran nilai cashback yang diberikan oleh PT Armada Banda Jaya Suzuki Bireun kepada konsumen, dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penetapan cashback dalam akad ba'i pada transaksi jual beli mobil dengan konsumennya. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) yang mana data diperoleh dari hasil penelitian lapangan dan observasi. Adapun tehnik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, observasi dan wawancara langsung dengan manager PT. Armada Banda Jaya, dengan pertanyaan-pertanyaan bebas namun terarah (guided interview). Studi keperpustakaan dilakukan dengan cara mengkaji buku-buku, artikel atau menjelajahi internet yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, akad yang terjadi antara pihak dealer dengan pihak konsumen belum sepenuhnya berdasarkan kerelaan, karena masih ada pihak konsumen yang merasakan ketidakpuasan dalam informasi pemberian cashback. Namun pada mekanisme akad pemberian cashback sudah sesaui dengan syariat Islam. Disarankan kepada pihak dealer ketika dalam jual beli agar lebih terbuka dalam mengimformasikan cashback

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fauzan Fauzan
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:30
Last Modified: 21 Mar 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27696

Actions (login required)

View Item
View Item