Penggunaan Emoticon Pada Aplikasi Whatsapp Terhadap Mahasiwa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry

Suryani, 180401076 (2023) Penggunaan Emoticon Pada Aplikasi Whatsapp Terhadap Mahasiwa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Penggunaan Emoticon Pada Aplikasi Whatsapp Terhadap Mahasiwa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry] Text (Penggunaan Emoticon Pada Aplikasi Whatsapp Terhadap Mahasiwa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)
Suryani, 180401076, FDK, KPI, 082211489317.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah tentang bagaimanakah penggunaan emoticon yang digunakan sebagai isyarat simbolik dalam berkomunikasi menggunakan media online; aplikasi WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan dan upaya mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) angkatan 2018 dalam menangani kesalahpahaman karena penggunaan emoticon dan untuk mengetahui pandangan dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) terhadap penggunaan emoticon tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pada penelitian ini menujukkan terdapat 3 alasan mahasiwa KPI angkatan 2018 menggunakan emoticon pada aplikasi WhatsApp, diantaranya adalah emoticon digunakan dengan tujuan untuk mengekspresikan emosi, emoticon digunakan karena singkat dan praktis, dan mencairkan komunikasi yang formal. Penggunaan emoticon tidak boleh digunakan secara sembarangan tanpa adanya pemahaman akan makna dari emoticon yang ingin disampaikan dan memahami komunikan secara baik. Emoticon yang digunakan secara sembarangan akan menimbulkan kesalahpahaman yang bukan tidak mungkin akan menimbulkan sebuah konflik, baik antara pengirim maupun penerima pesan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Suryani Suryani
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:06
Last Modified: 21 Mar 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27699

Actions (login required)

View Item
View Item