Keanekaragaman Lichenes di kawasan Cru Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya.

Syahrial, 150703031 (2023) Keanekaragaman Lichenes di kawasan Cru Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Lichenes di kawasan Cru Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya] Text (Keanekaragaman Lichenes di kawasan Cru Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya)
Syahrial, 150703031, FST, BIO, 082299308673.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Keanekaragaman adalah penggabungan antara jumlah spesies dan jumlah individu masing-masing spesies dalam satu komunitas. Lichenes juga merupakan tumbuhan yang bersimbiosis antara fungi dan alga. Lichenes memiliki habitat hidup di pepohonan, bebatuan dan tanah. Lichenes umumnya sudah sangat sering untuk dibahas, tetapi referensi mengenai Lichenes begitu minim, sehingga dianggap perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai Lichenes untuk menambah biodiversitas Lichenes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Jenis Lichenes apa sajakah yang terdapat di kawasan CRU Sampoiniet, Aceh Jaya, indeks keanekaragaman Lichenes di kawasan CRU Sampoiniet, Aceh Jaya dan untuk mengetahui habitat Lichenes di kawasan CRU Sampoiniet, Aceh Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Line transek dalam plasma nutfah menggunakan plot pengamatan 10x10 m yang dimodifikasi. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 1922 individu Lichenes yang termasuk di dalamnya 30 spesies dari 20 Familia, indeks keanekaragaman Lichenes adalah H’= 3,04599 tergolong Tinggi menurut kriteria Shannon-Wiener. Habitat spesies Lichenes banyak dijumpai pada substrat inangnya pada permukaan kulit pohon yaitu 26 spesies dari 20 familia sedangkan Lichenes yang memiliki habitat di bebatuan terdiri atas 4 spesies dari 4 familia

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Lichenes, Referensi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Syahrial Syahrial
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:36
Last Modified: 28 Mar 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27724

Actions (login required)

View Item
View Item