Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Tongether (NHT) Terhadap Keaktifan Peserta Didik di Sekolah MTsS Darussyariah Mesjid Raya Baiturrahman

Nurhayati, 140204115 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Tongether (NHT) Terhadap Keaktifan Peserta Didik di Sekolah MTsS Darussyariah Mesjid Raya Baiturrahman. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Numbered Head Tongether] Text (Numbered Head Tongether)
Nurhayati, 140204115, FTK, PFS, 085370357140.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di MTsS Darussyariah Mesjid Raya Baiturrahman, terlihat bahwa peserta didik di sekolah tersebut kurang aktif pembelajaran masih berpatokan pada guru salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti menggunakan model NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaan Numbered Head Together (NHT) terhadap keaktifan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif , populasi yang tediri dari 60 peserta didik, sedangkan sampel sebanyak 30 peserta didik di kelas VII-I, pengambilan sampel dilakukan secara Purposife Sampling,instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi model pembelajaran NHT dan lembar observasi keaktifan peserta didik. Teknik analisi data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji t dengan tahapan uji regresi linier sederhana dan korelasi product moment. Hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi (rxy = 0,86), dan koefisien determinasi sebesar 73% dengan taraf signifikan a = 5% kemudian diperoleh thitung = 8,75. Karena thitung lebih besar dari ttabel atau 8,75>0,05 dengan demikian Ho ditolak. Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif (sangat kuat) dan benar terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap keaktifan peserta didik pada MTsS Darussyariah Mesjid Raya Baiturrahman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:43
Last Modified: 28 Mar 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27726

Actions (login required)

View Item
View Item