Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Psikologis Istri Di Gampong Lamlagang Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh

Raissha Putri Sani, 150402061 (2022) Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Psikologis Istri Di Gampong Lamlagang Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Psikologis Istri Di Gampong Lamlagang  Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh] Text (Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Psikologis Istri Di Gampong Lamlagang Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh)
Raissha Putri Sani, 150402061.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Psikologis Istri Di Gampong Lamlagang Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pernikahan memang suatu hubungan yang halal di mata Tuhan antara suami dan istri. Dengan kata lain, tujuan pernikahan yang diharapkan di dalam Islam adalah terbentuknya keluarga yang penuh cinta kasih, bahagia, damai, serta senentiasa mengupayakan kondisi yang terjaga dari keburukan, kesakitan dan musibah bagi seluruh anggota keluarga. Keberhasilan sebuah pernikahan dan kelanggengan ikatan pernikahan diperoleh melalui proses yang tidak sebentar. Dibutuhkan pengetahuan yang utuh, pemahaman yang total, kebesaran hati dan jiwa, kesabaran, ketabahan, serta kesungguhan diri dalam mempertahankannya, namun di sisi lain ada keluarga yang merasa frustasi dan kurang bijak dalam sikap sehingga masalah tersebut menjadi hal yang sangat besar yang kemudian berujung pada tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan pada anggota keluarga tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Subjek penelitian adalah istri sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan prosedur penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah masalah kekerasan dalam rumah tangga yang bermula dari permasalahan perekonomian dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Raissha Putri Sani Raissha
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:53
Last Modified: 29 Mar 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27737

Actions (login required)

View Item
View Item