Problematika Emosi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an

Zatil Iesmah Binti Mohamad Yusof, 170303112 (2021) Problematika Emosi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Problematika Emosi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an] Text (Problematika Emosi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an)
Zatil Iesmah Binti Mohamad Yusof.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Islam adalah agama yang mengandung nilai-nilai spiritual yang tinggi terbukti bias menyelesaikan permasalah psikologi manusia melalui terapi Alquran. Psikoterapi Islam terbagi kepada dua kategori. Pertama, bersifat duniawi yang berupa pendekatan dan teknik-teknik pengubatan psikologi melalui hasil daya upaya manusia berupa teknik-teknik terapi tertentu. Kedua, bersifat ukhrawi, yang berupa bimbingan mengenai nilai moral, spiritual dan agama.Di dalam Alquran, ungkapan potensi, fungsi dan manajemen emosi manusia terkait langsung dengan perilaku manusia. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library search¬) dengan mencari term-term ayat tentang emosi lalu dianalisis ayat Alquran dengan menggunakan kitab-kitab tafsir untuk menjelaskan ayat serta dibantu oleh penulisan-penulisan yang terkait dengan pembahasan. Apabila seseorang merasakan emosi yang negatif seperti sedih bisa dikelola dengan melatih diri bersabar, memaafkan dan dhikrullah seperti yang dicontohi oleh para Nabi yang telah diceritakan melalui ayat-ayat Alquran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Zatil Iesmah Binti Mohamad Yusof
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:11
Last Modified: 30 Mar 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27746

Actions (login required)

View Item
View Item