Nilai-Nilai Edukasi Dalam Praktik Ritual Dhikr Rateb Siribèë (Perspektif Jamaah Tetap Di Kota Banda Aceh)

Siti Farhanah, 30183695 (2022) Nilai-Nilai Edukasi Dalam Praktik Ritual Dhikr Rateb Siribèë (Perspektif Jamaah Tetap Di Kota Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Nilai-Nilai Edukasi Dalam Praktik Ritual Dhikr Rateb Siribèë (Perspektif Jamaah Tetap Di Kota Banda Aceh)] Text (Nilai-Nilai Edukasi Dalam Praktik Ritual Dhikr Rateb Siribèë (Perspektif Jamaah Tetap Di Kota Banda Aceh))
Siti Farhanah, 30183695.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Zikir memuat nilai-nilai edukasi yang mendorong pengikutnya untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi, berbenah diri, pembentukan diri, pembentukan karakter dan sebagainya. Dhikr Rateb Siribèë yang digagas oleh Abuya Amran Wali Al-Khalidi juga melahirkan pribadi yang senantiasa memiliki sikap peduli, menjalin silaturrahmi, dan tidak marah/dendam pada yang mencela atau menghina serta menjadikan diri hamba yang taat dan merasa selalu diawasi oleh Allh Swt. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Banda Aceh yakni di Mesjid Baitussalihin Ulee Kareng dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dan subjek penelitian merupakan pengurus Dhikr Rateb Siribèë dan jamaah tetap yang melakukan zikir secara rutin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tematik analisis. Hasil penelitian yang didapatkan antara lain: Pertama, pelaksanaan Dhikr Rateb Siribèë tidak sama dengan dhikr-dhikr yang diadakan oleh majelis lain dan di tempat lain. Yang membedakannya antara lain adalah pada pembacaan makalah, jumlah yang dibaca dan pada fokusan bacaan dhikrnya. Proses pelaksanaannya meliputi pembacaan istigfar, bershalawat, al-fatihah lalu dilanjutkan dengan membaca tahlil dengan sebanyak-banyaknya. Pada Dhikr Rateb Siribèë hanya difokuskan pada bacaan tahlil saja serta dengan intonasi yang berbeda yakni lambat, cepat dan lebih cepat. Kedua, nilai edukasi yang didapatkan dari kegiatan berzikir secara rutin meliputi: a) Nilai ukhuwah, di antaranya membentuk sikap tolong menolong dan mau berkerja sama, rendah hati, menghargai perbedaan dan menjaga silaturrahmi dengan baik b) Nilai kecerdasan emosi, seperti mampu mengontrol diri, c) Nilai ketenangan, seperti membentuk sikap sabar, pemaaf dan optimis. d) Pembentukan karakter, diantaranya membentuk karakter yang mampu berbuat ikhlas, jiwa tolong menolong dan mampu menghargai perbedaan Zikir yang dilakukan secara rutin, terus menerus akan mampu menghasilkan insan yang memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan tuntunan agama dan bangsa sesuai dengan landasan al-Quran, hadits dan juga seperti yang termaktub dalam pancasila dan UUD 1945.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Farhanah Siti
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:43
Last Modified: 29 Mar 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27748

Actions (login required)

View Item
View Item