Penerapan Teknik Psikodrama Terhadap Kesopanan Siswa di SMA Negeri 8 Banda Aceh

Juita Sari, 170213005 (2022) Penerapan Teknik Psikodrama Terhadap Kesopanan Siswa di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Teknik Psikodrama Terhadap Kesopanan Siswa di SMA Negeri 8 Banda Aceh] Text (Penerapan Teknik Psikodrama Terhadap Kesopanan Siswa di SMA Negeri 8 Banda Aceh)
Juita Sari, 170213005, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kesopanan merupakan suatu tingkah laku seseorang, baik perkataan maupun mendengar seseorang berbicara, dengan adanya kesopanan siswa akan terhindar dari hal-hal negatif, dan menjadi contoh bagi orang lain. fenomena yang terjadi di lokasi penelitian, masih terdapat siswa yang sikap kesopanannya rendah, ciri-ciri kesopanan rendah yang terjadi di SMA Negeri 8 yaitu, tidak menghargai guru, berkata kotor, mengatakan jelek dengan adik kelasnya, bahkan ada juga menyebut nama hewan kepada temannya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik psikodrama dapat meningkatkan kesopanan siswa di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Design One Group Pre-test Post-test. Populasi berjumlah 106 siswa dan sampel penelitian 8 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan mengkategorikan siswa yang tingkat kesopanan rendah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner (angket) dan untuk mengukur kesopanan siswa, setelah memperoleh data, data di analisis dengan menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS VERSI 22. Hasil analisis penelitian menunjukkan adanya peningkatan sebelum dansesudah diberikan treatment teknik psikodrama dilihat dari skor pretest 68,2500 sedangkan post test 104,5000. Dapat disimpulkan bahwa teknik psikodrama dapat meningkatkan kesopanan siswa di SMA Negeri 8 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Juita Sari Juita
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:54
Last Modified: 30 Mar 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27772

Actions (login required)

View Item
View Item