Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membantu Perencanaan Karir Siswa SMAN 8 Banda Aceh

Vennia Fajrinita, 170213006 (2022) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membantu Perencanaan Karir Siswa SMAN 8 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam  Membantu Perencanaan Karir Siswa SMAN 8 Banda Aceh] Text (Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membantu Perencanaan Karir Siswa SMAN 8 Banda Aceh)
Vennia Fajrinita, 170213006, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Layanan bimbingan kelompok adalah salah satu teknik bimbingan yang berusaha membantu individu agar dapat mencapai perkembangannya secara optimal sesuai dengan kemampuan, bakat, minat, serta nilai-nilai yang dianutnya dan dilaksanakan dalam situasi kelompok. Perencanaan karir adalah kegiatan yang membuat seorang individu untuk bertanggung jawab dan mengembangkan karirnya yang dapat diwujudkan dalam sebuah tindakan nyata. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan layanan bimbingan kelompok efektif dalam membantu perencanaan karir siswa kelas XI SMAN 8 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (One Group Pretest Posttest Design). Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa kelas XI IPA 1, XI IPA2, XI IPS 1 dan XI IPS 2. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1 dan XI IPS 2 di SMAN 8 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah 110 orang dan menggunakan Purposive Sampling, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 orang sesuai dengan kriteria. Sampel diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik pemberian informasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest dimana adanya peningkatan nilai sesudah diberikan penerapan layanan bimbingan kelompok yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yaitu perolehan thitung>ttabel (26,181>2,201). Dari kesimpulannya adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perencanaan karir siswa di SMAN 8 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Vennia Fajrinita Vennia
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:54
Last Modified: 30 Mar 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27773

Actions (login required)

View Item
View Item