Pengaruh Latihan Memanah terhadap Konsentrasi Belajar di Dayah Darul Ihsan.

Meizatul Akmal, 170213002 (2022) Pengaruh Latihan Memanah terhadap Konsentrasi Belajar di Dayah Darul Ihsan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Latihan Memanah terhadap Konsentrasi Belajar di Dayah Darul Ihsan.] Text (Pengaruh Latihan Memanah terhadap Konsentrasi Belajar di Dayah Darul Ihsan.)
Meizatul Akmal, 170213002, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Konsentrasi adalah salah satu karakteristik yang dapat berkontribusi terhadap rendahnya pemahaman siswa. Konsentrasi sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, begitu juga yang terjadi di Dayah Darul Ihsan, sangat berdampak bagi siswa yang ada disekolah tersebut. Konsentrasi siswa yang rendah akan mengakibatkan kurangnya kesungguhan dalam belajar dan kemampuan mereka untuk memahami materi. Dalam bidang ekstrakulikuler pengamatan dan perhatian merupakan aspek perilaku yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Salah satunya dalam bilang ektrakulikuler memanah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti latihan memanah di Dayah Darul Ihsan dan sampel penelitian 53 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu siswa yang aktif saat latihan memanah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pengumpulan data angket skala likert untuk memperoleh data konsentrasi belajar. Setelah memperoleh data. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS Versi 22. Berdasarkan analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa df sebesar 47 dengan nilai signifikasi dari table koefisiensi maka diperoleh nilai sebesar 0,710 > 0,05. Sedangkan nilai thitungsebesar -0,374 < ttabel 33.766. maka Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian tidak terjadi pengaruh yang signifikan. Dari hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa “ tidak terdapat pengaruh yang positif antara memanah (variabel X) dengan konsentasi belajar (variabel Y).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Meizatul Akmal Meiza
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:54
Last Modified: 30 Mar 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27775

Actions (login required)

View Item
View Item