Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengintegrasikan Nilai-nilai Peduli Lingkungan di MAN 2 Banda Aceh

Dzia Zahra, 170201096 (2022) Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengintegrasikan Nilai-nilai Peduli Lingkungan di MAN 2 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peduli Lingkungan] Text (Peduli Lingkungan)
Dzia Zahra, 170201096, FTK, PAI, 085314170747.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari rasa ingin tentang strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengintegrasikan nilai-nilai peduli lingkungan di Madrasah Aliyah. Peduli lingkungan merupakan sebuah hasil kebijakan lintas kementerian termasuk Kementerian Agama, yang diprakasai oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Lingkungan hidup dalam skripsi ini dibahas dalam dimensi biotik, abiotic dan lingkungan sosial. Perwujudan kebijakan Kementerian Agama antara lain dengan memberikan pendidikan lingkungan hidup bagi para siswa melalui lembaga pendidikan dalam lingkup pembinaan. Al-Qur’an Hadis menjadi salah satu mata pelajaran yang mendapat suguhan pendidikan lingkungan hidup bagi siswa di Madrasah Aliyah. Implementasi karakter kepedulian lingkungan di lembaga pendidikan terkesan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengintegrasikan nilai-nilai peduli lingkungan terhadap peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan (1) pengamatan, (2) wawancara dan (2) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Menurut Kevin dan Lickona bahwa integrasi perilaku dapat dilakukan melalui kompetensi, keinginan, dan kebiasaan, yang dalam konversi implementasinya sangat erat hubungan dengan pelaksanaan pembelajaran dalam konteks intrakurukuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model strategi pengintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan di MAN 2 Banda Aceh telah dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran. Dalam intrakurikuler dilaksanakan dalam bentuk pemberian wawasan. Dalam kokurikuler dilaksanakan dalam bentuk keterampilan seperti penghafalan ayat, karya tulis. Sementara dalam ekstrakurikuler dilaksanakan dalam bentuk kegiatan penyuluhan dan pembiasaan perilaku peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dzia Zahra Dzia
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:29
Last Modified: 31 Mar 2023 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27786

Actions (login required)

View Item
View Item