Urgensi Bimbingan Vokasional Dalam Meningkatkan Produktifitas Pemuda Putus Sekolah Di Kampung Kala Kemili Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah

Malia Wahyuni, 160402058 (2022) Urgensi Bimbingan Vokasional Dalam Meningkatkan Produktifitas Pemuda Putus Sekolah Di Kampung Kala Kemili Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Urgensi Bimbingan Vokasional] Text (Urgensi Bimbingan Vokasional)
Malia Wahyuni, 160402058, FDK, BKI, 081262224246.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Memiliki pekerjaan yang sesuai harapan adalah impian setiap manusia. Namun mencapai kesuksesan yang tinggi tidaklah mudah. Akan banyak kesulitan dan tantangan yang harus dilewati. Idealnya setiap pemuda yang sudah memasuki usia kerja tentunya harus mengetahui bakat dan minatnya dalam bekerja agar dapat bekerja dengan produktif dan sesuai dengan bidangnya. Namun kenyataan di lapangan masih banyak pemuda Kampung Kala Kemili yang tidak mengetahui bakat minatnya dalam bekerja sehingga di antara mereka masih menjadi pengangguran hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan dalam memilih pekerjaan di kalangan pemuda putus sekolah Kampung Kala Kemili, memaparkan hambatan apa saja yang dihadapi oleh pemuda putus sekolah dalam memperoleh pekerjaan, dan untuk mengetahui urgensi bimbingan vokasional terhadap pemuda putus sekolah di Kampung Kala Kemili. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengambilan sample dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemuda di Kampung Kala Kemili masih belum mengetahui kemapuan apa saja yang ada pada diri mereka. Banyak hambatan yang mereka peroleh dalam memilih pekerjaan. Maka sangat penting untuk dilakukan bimbingan konseling vokasional bagi pemuda putus sekolah di Kampung Kala Kemili.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Malia Wahyuni Malia
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:51
Last Modified: 31 Mar 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27791

Actions (login required)

View Item
View Item