Analisis Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar)

Maisarah, 190602166 (2022) Analisis Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pasar Tradisional] Text (Pasar Tradisional)
Maisarah, 190602166, FEBI, ES, 082368589351.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pasar Lambaro merupakan sentral usaha masyarakat, terutama di wilayah Kabupaten Aceh besar. Keberadaan pasar Lambaro sebagai tempat usaha masyarakat sekitaran aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pasar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat serta pandangan Islam terhadap perilaku para pedagang dalam meningkatkan ekonomi di pasar Lambaro dan terciptanya lapangan pekerjaan serta mengurangi intensitas pengangguran yang berada di Kecamatan Ingin Jaya terutama di kawasan pasar Lambaro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berdasarkan key informan melalui wawancara dengan pedagang di pasar Lambaro Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu pasar Lambaro berpotensi dalam peningkatan ekonomi masyarakat adapun potensinya yaitu lapangan pekerjaan, harga murah, produk bervariasi serta letak strategis baik ditinjau dari ekonomi Islam terhadap aktivitas pedagang di pasar Lambaro yaitu sudah baik dilihat dari segi kehalalanya, tindakan para pedagang yang memelihara kebutuhan persaudaraan, kejujuran terhadap kondisi barang yang dijual, serta persaingan yang sehat diantara pedagang tidak melanggar syariat Islam, tetapi dari segi kebersihan masih kurang terpelihara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Maisarah Sarah
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:39
Last Modified: 03 Apr 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27803

Actions (login required)

View Item
View Item