Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Khiyar Ru’yah Pada Akad As-Salam Dalam Transaksi E-Commerce Di Banda Aceh

Rizka Mursiha, 190102055 (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Khiyar Ru’yah Pada Akad As-Salam Dalam Transaksi E-Commerce Di Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Khiyar Ru’yah Pada Akad As-Salam Dalam Transaksi E-Commerce Di Banda Aceh] Text (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Khiyar Ru’yah Pada Akad As-Salam Dalam Transaksi E-Commerce Di Banda Aceh)
Rizka Mursiha, 190102055, FSH, HES, 085282983776.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pada zaman modern sekarang, bentuk jual beli sudah berkembang pesat, salah satunya dilakukan secara online yang dikenal dengan E-commerce. Di dalam konsep fiqh, akad dalam jual beli salah satunya akad As-salam, disamping itu salah satu yang diharuskan dalam jual beli adalah adanya khiyar. Didalam penerapan khiyar, penulis meneliti tentang penerapan khiyar ru’yah yaitu hak pilih bagi pembeli untuk menyatakan berlaku atau batalnya jual beli yang dilakukan terhadap suatu objek yang belum dilihatnya ketika akad berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik dan manfaat serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penerapan khiyar ru’yah pada akad As-salam dalam transaksi E-commerce di Banda Aceh. Penelitian ini menghimpun data menggunakan penelitian kualitatif. sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan khiyar ru’yah di dalam jual beli online di Banda Aceh belum diterapkan dengan maksimal, disebabkan kurangnya pemahaman terkait konsep khiyar dalam jual beli secara online. Praktik jual beli online yang dilakukan oleh para pem ilik usaha online di Banda Aceh satu tidak menerapkannya dan empat diantaranya telah sesuai dengan prinsip jual beli dalam hukum Islam dan para pemilik toko tersebut telah menerapkan konsep khiyar dalam transaksi jual beli online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizka Mursiha
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:53
Last Modified: 03 Apr 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27811

Actions (login required)

View Item
View Item