Analisis Ketersediaan Koleksi Buku Penunjang Bagi Kebutuhan Belajar Siswa Di MAN 3 Kota Banda Aceh Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Geby Masitha, 180503006 (2023) Analisis Ketersediaan Koleksi Buku Penunjang Bagi Kebutuhan Belajar Siswa Di MAN 3 Kota Banda Aceh Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Ketersediaan Koleksi Buku Penunjang Bagi Kebutuhan Belajar Siswa Di MAN 3 Kota Banda Aceh Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah] Text (Analisis Ketersediaan Koleksi Buku Penunjang Bagi Kebutuhan Belajar Siswa Di MAN 3 Kota Banda Aceh Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah)
Geby Masitha, 180503006, FAH, IP, 082273248754.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Ketersediaan Koleksi Buku Penunjang Bagi kebutuhan Belajar Siswa di perpustakaan MAN 3 Kota Banda Aceh Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ketersediaan koleksi buku penunjang bagi kebutuhan belajar siswa dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam ketersediaan koleksi buku penunjang di perpustakaan MAN 3 Kota Banda Aceh berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Nomor 12 tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan MAN 3 Kota Banda Aceh memiliki 18 rombongan belajar. Berdasarkan SNP Sekolah Menengah Atas Nomor 12 Tahun 2017, buku penunjang yang harus tersedia di perpustakaan MAN 3 Kota Banda Aceh berjumlah 2.000 judul buku yang terdiri dari 70% nonfiksi setara dengan 1.400 judul buku dan 30% fiksi setara dengan 600 judul buku. Berdasarkan SNP terhadap koleksi buku penunjang di perpustakaan MAN 3 Kota Banda Aceh sudah memenuhi standar dalam pemenuhan koleksi buku nonfiksi yaitu berjumlah 1.426 judul dengan persentase 71%. Ketersediaan untuk koleksi buku fiksi di MAN 3 Kota Banda Aceh belum sesuai dengan standar karena berdasarkan hasil temuan didapati bahwa jumlah buku fiksi hanya berjumlah 503 judul atau 25% saja dari yang seharusnya. Dengan demikian, ketersediaan koleksi buku penunjang yang ada di MAN 3 Kota Banda Aceh belum 100% memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Nomor 12 Tahun 2017. Kendala utama dalam pemenuhan koleksi buku penunjang adalah ketiadaan dana khusus yang diperuntukan untuk membeli buku penunjang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Geby Masitha Geby
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:55
Last Modified: 03 Apr 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item
View Item