Pandangan Masyarakat Terhadap Partai Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Aceh (Studi Kasus Di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan)

Mustasyar, 150801042 (2023) Pandangan Masyarakat Terhadap Partai Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Aceh (Studi Kasus Di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pandangan Masyarakat Terhadap Partai Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Aceh (Studi  Kasus Di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten  Aceh Selatan)] Text (Pandangan Masyarakat Terhadap Partai Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Aceh (Studi Kasus Di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan))
Mustasyar, 150801042, FISIP, IP, 082361658259.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Proses penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Aceh Selatan, memperlihatkan berbagai masalah dari partai politik dan kadernya yang berupaya memenangkan calon kandidat masing-masing, di antaranya permasalahan money politik, pemanfaatan tokoh agama di kalangan pimpinan dayah dan lain sebagainya. Praktek politik semacam ini tentu membuat masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, khususnya yang ada di Kecamatan Kluet Utara memberikan pandangan tersendiri terhadap partai-partai politik yang terlibat dalam Pilkada Aceh Selatan tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah (1) bagaimana pandangan masyarakat terhadap partai dalam pemilihan kepala daerah di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan, dan (2) faktor apa yang mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap partai dalam pemilihan kepala daerah di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian lapangan (field research). Informan penelitian ini terdiri aparatur desa, tokoh masyarakat dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) persepsi masyarakat pemilih terhadap Partai Politik dalam Pilkada Kabupaten Aceh Selatan dapat digolongkan ke dalam dua kelompok, yakni kelompok yang memiliki persepsi baik dan sebagian tidak memberikan pandangan positif terhadap partai politik. Masyarakat yang berpandangan positif memberikan dukungan penuh terhadap Partai politik dalam Pilkada Kabupaten Aceh Selatan. Persepsi masyarakat yang baik ini dukung dengan adanya pandangan masyarakat terhadap perilaku elit politik dimasa kampanye baik marketing politiknya, kepribadian tokoh partai dan pengalaman masyarakat terhadap kepemimpinan sebelumnya dari partai bersangkutan. Sedangkan persepsi masyarakat yang negatif melihat berbagai kekurangan dari Partai politik seperti komunikasi dan pesan politik yang tidak baik, peran partai masih minim dalam pembangunan dan lain sebagainya. 2) faktor-faktor yang mempengarui persepsi masyarakat Kluet Utara terhadap partai politik dalam Pilkada Kabupaten Aceh Selatan antara lain program serta visi dan misi partai selama kampanye lebih menjanjikan dan meyakinkan pemilih, kedekatan emosional dan religius yang kuat di kalangan elit partai, kedarmawanan pasangan calon yang diusung partai, kesamaan daerah dan suku serta adanya imbalan berupa uang dan fasilitas lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pandangan, Masyarakat, Partai Pilkada Kabupaten Aceh Selatan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mustasyar Mustasyar
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:34
Last Modified: 04 Apr 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27836

Actions (login required)

View Item
View Item